Pemerintah Harus Dorong Berkembangnya Ekonomi Syariah

Pemerintah harus mendorong berkembangnya ekonomi syariah dengan membuat perundang-undangan tentang ekonomi syariah. Selain itu, para ulama yang selama ini bertugas memberikan pemahaman kepada umat agar memberikan pemahaman muamalah (usaha) yang benar, sesuai sistem ekonomi syariah.

Itu disampaikan Staf pengajar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Ciputat, Dr. H. Ardito Bhinadi, M.Si. “Ulama tidak hanya memberikan pemahaman bagaimana ibadah yang benar, tapi juga memberikan pemahaman muamalah yang sesuai dengan syariah,” papar Ardito pada acara Focus Group Discussion, di Kantor Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Jakarta. Pembicara lainnya, Dr Sanusi Fattah, staf pengajar Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ia menambahkan sistem ekonomi syariah di Indonesia memang belum begitu berkembang, padahal di banyak negara seperti Inggris,
Rusia dan lainnya sudah mengadopsi sistem ekonomi syariah. Tetapi mengapa Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam tapi masih malu-malu mengadopsi kata-kata syariah.

Ardito menambahkan memang banyak yang memahami ekonomi syariah hanya seputar riba (sistem bunga) padahal ekonomi syariah
bukan hanya seputar riba saja, tapi juga yang lainnya. “Prinsipnya ekonomi syariah itu al-Qur’an dan hadist sertai ijtima (penafsiran) para ulama,” papar Ardito.

Ia menjelaskan ijtima ulama diperlukan kalau memang transaksi itu tidak ada dalam al-Qur’an, artinya sejauh transaksi itu tidak melanggar. Yang melanggar, misalnya, riba, sistem goror (transaksi yang penuh tidak kepastian), maysir (spekulasi), transaksi maksiat, misalnya, transaksi minuman keras, pelacuran, atau transaksi riswah (suap).

“Tetapi karena masih adanya fobia (ketakutan) terhadap Islam yang dicitrakan teroris, fundamentalis, sehingga kita hanya diperbolehkan beribadah tapi kalau sudah muamalah (usaha) mulai dibatasi kalau akan menerapkan sistem syariah,” papar Ardito.

(johara/sir)

Sumber: http://poskotanews.com/2014/04/25/pemerintah-harus-dorong-berkembangnya-ekonomi-syariah/ 

Diterbitkan Pada : Rabu, 27 Juni 2018 - 04:29:05 WIB
Kategori: Ekonomi Syariah
Dibaca: 21 kali